Cara Mendaftarkan Blog di Search Console (Webmaster Tools)


Google Search Console adalah nama baru dari Webmaster Tools, hanya berganti nama saja dan fungsinya sama dengan Webmaster Tools, secara keseluruhan fitur dan tampilannya sama saja, hanya namanya saja yang diperbaharui. Mengapa mendaftarkan blog anda di Search Console itu penting ?

Tujuannya adalah untuk mempermudah Google untuk mengindeks blog anda, selain itu anda dapat mengetahui kesalahan-kesalahan yang terjadi di blog anda. Seperti kesalahan HTML blog dan kesalahan link. Jadi mendaftarkan blog anda di Search Console sangat diwajibkan untuk anda.

Bagaimanakah caranya ?

Berikut ini adalah cara mendaftarkan blog anda di Search console:


1. Masuk ke Search Console kemudian jika anda belum maka anda akan diarahkan untuk  login ke halaman login Google.



2. Masukan nama domain blog anda dan klik Tambahkan Properti (Add a Property), setelah meng-copy paste domain blog anda, silahkan klik Tambahkan (Add)


Kemudian masukan domain blog anda lalu klik Add.

 
3. Sekarang Verifikasi blog anda terlebih dahulu, caranya pilih Metode Alternatif (Alternate Methods) kemudian pilih Tag HTML.


Kemudian akan muncul kode HTML verifikasi, Copy kode tersebut.

4. Langkah selanjutnya adalah buka Dasbor blog anda, pilih menu Templateedit HTML.
 Cari kode <head>, caranya adalah dengan mengunakan Ctrl + F kemudian ketik <head>. Paste kode yang tadi anda Copy tepat di bawah kode <head>.


Kemudian Simpan Template .

5. Kembali ke laman Search Console dan klik Verify. Selamat sekarang blog anda sudah terverifikasi, sekarang klik Lanjutkan.



6. Seakarang anda beralih ke dasbor Search Console, saatnya anda sekarang untuk mengirimkan peta situs, caranya masuk ke Perayapan – Peta Situs dan klik TAMBHKAN/UJI PETA SITUS, masukan kode sitemap.xml kemudian klik Mengirim Peta Situs kemudian Segarkan Laman.



SELESAI

Setelah semua selesai periksa kembali status blog anda, jikka semua dirasa aman silahkan lanjutkan kegiatan blog anda. Jika anda melihat status index masih Tertunda (Pending), anda hanya perlu menunggu dan biarkan Google yang mengurusnya.


Demikian cara untuk mendaftarkan blog anda di Search Console, semoga bermanfaat dan selamat mencobanya.


Previous
Next Post »
0 Komentar