Cara Menghemat RAM Untuk Smartphone Android




OS Android adalah sebuah system operasi yang membutuhkan RAM cukup besar, dewasa ini sudah banyak gadget yang bermodalkan 3 atau bahkan 4 GB, peningkatan kapasitas RAM tersebut bertujuan untuk memperlancar kinerja dari smartphone tersebut.

Banyak pengguna yang mungkin masih memiliki smartphone dengan kapasitas RAM 1 GB atau bahkan kurang, namun menginginkan banyak menggunakan aplikasi yang diinginkannya. Jika smartphone anda berkapasitas kecil maka aplikasi yang dapat diinstalpun hanya sedikit, demikian sebaliknya. Jika anda memaksakan kehendak anda untuk memasang berbagai aplikasi namun RAM anda kecil sudah dapat dipastikan smartphone anda akan lag dan pastinya akan membuat anda jengkel.

Cara menghemat RAM agar smartphone anda tetap stabil adalah sebagai berikut:


- Instal Applikasi Secukupnya/seperlunya

Mungkin anda termasuk salah satu pengguna yang rasa ingin tahu terhadap aplikasi ini itu, sehingga anda menginstal berbagai macam aplikasi yang menurut anda menarik. Namun parlu anda sadari kemampuan dari smartphone yang anda miliki, jangan terlalu banyak memasang jejaring social terlalu banyak, pilihlah beberapa yang menurut anda sering gunakan, seperti BBM, Whatsapp, LINE.  jadi seleksilah aplikasi yang akan anda unduh, jangan terlalu memaksakan kehendak. karena dampak terbesarnya adalah smartphone anda akan lambat.


- Restart Smartphone Anda Secara Berkala

Kebanyakan para pengguna mengabaikan cara ini karena menganggap akan mengganggu aktifitas mereka dalam menggunakan smartphone, namun hal ini justru penting untuk dilakukan. Semakin lama smartphone anda menyala maka akan semakin banyak aplikasi memakan RAM, dengan demikian seringlah lakukan reset pada smartphone anda, tujuannya adalah untuk menormalkan kembali system pada smartphone anda.

- Gunakan Browser yang Ramah Terhadap Smartphone Anda

Sangat disarankan untuk menggunakan browser yang dapat meminimalisasikan penggunaan RAM, terdapat banyak browser yang dapat unduh dari Play Store, namun direkomendasikan untuk menggunakan Opera Mini atau gunakan UC Browser. Dibandingan anda menggunakan Crome kedua browser tersebut dapat mengoompres penggunaan RAM smartphone anda.

- Gunakan Smart Launcher

Disarankan untuk menggunakan Smart Launcher karena sudah pasti akan bermafaat untuk pengguna smartphone android, selain pengunaan RAM yang sangat kecil, ini juga sangat berfungsi untuk meminimalisasikan pengguna untuk menghemat penggunaan RAM. Sehingga anda dapat menggunakan sisa RAM yang ada untuk membuka aplikasi yang lainnya.

- Gunakan Aplikasi Disable Service

Aplikasi yang satu ini juga akan membantu anda dalam mengoptimalisasikan penggunaan RAM smartphone anda, anda dapat memilih aplikasi apasaja yang akan kita hidupkan saat kita sedang mengoperasikan smartphone anda. Anda dapat mengunduhnya di Play Store dengan gratis.


- Kontrol Penggunaan RAM

Seringlah mengontrol smartphone anda sudah menggunakan berapa besar RAM saat ini dengan cara:
Setting -> Apps -> App Manager-> Geser ke kanan hingga ke bagian running. Lihat penggunaan RAM dari aplikasi pada perangkat.

Semoga bermanfaat.
Previous
Next Post »
0 Komentar